Ochenk, novhy, unmy, rahmi, inci, inti…

Ochenk adalah seorang wanita muda yang cantik dan ideal. Dia adalah orang yang dikenal baik tetangga2nya. Tetapi setelah Ochenk dikabarkan punya pekerjaan di sebuah perusahaan dan sering pergi malam pulang pagi, masyarakat sekitar tempat tinggal Ochenk mulai berpikir negatif dengan kelakuan anak muda itu.

Ibu–ibu rumah tangga berkumpul di beranda salah seorang warga yang sedang melakukan syukuran. Tapi biasalah ibu-ibu kalau udah ngumpul pasti ngegosip.

Inci: eh…. jeng-jeng anak tetangga sebelah sana yang katanya kerja di perusahaan. Krjanya gak jelas deh… masa’ perginya malam pulangnya pagi.

Unmi : iya yah jeng, apalagi biasanya di anter sama bosnya.

Novhy : Sebenarnya tuh anak, orang baik-baik gga sih. Orang baru di kampung kita, tapi sudah buat ulah. Benar-benar tidak tau malu

Inchi : Betul itu, mana sudi kita punya tetangga yang kelakuannya seperti itu. ih, kalau saya ketua RT disini, sudah saya usir tuh anak.

 

Ochenk berjalan menuju rumahnya yang tak jauh dari perkumpulan ibu-ibu itu sambil membawa barang belanjaannya. (adegan Menegur)

Unmi : Liat deh, dia bawa belanjaan kok banyak banget yah.

Novhy : Eh, Ochenk. Belanjaannya kok banyak banget. Belanja apa aj tuh?

Ochenk : Eh, Novi. Biasa lah, abis gajian yah di pakai beli baju ama kebutuhan lain donk.

Inchi: Eh ochenk, sebenarnya kamu itu kerja apa sih? Perginya malam kok pulangnya pagi. Kayak perempuan gga bernorma aja.

Ochenk : kalian nuduh saya yang nggak-nggak yah. Saya itu bekerja sebagai sekertaris perusahaan terkenal di jakarta.

Unmi : halah, kamu tidak usah bohong. Mana ada sekertaris perginya malam-malam.

Ochenk : jangan asal ngomong donk, ini sama aja kalian memfitnah saya, ini itu urusan saya. Ngapain sih kalian ngurus urusan orang. Ihh

Rahmi datang

Rahmi : Ini ada apa sih kok pada ribut?

Ochenk : ini nih, ibu-ibu tukang gosip. Asal fitnah orang.

Inchi : eh, sembarang kamu. Kita itu cuman nanya, kerjaan kamu itu nggak jelas keterangannya.

Rahmi : mereka itu nggak ngefitnah kamu chenk, tapi itu memang kenyataannya. Kamu itu harusnya sadar, sistem kerja kamu membuat warga risih.

Ochenk : kenapa mereka harus risih? Yang bekerja kan saya, bukan mereka. Gaji toh gaji saya, bukan gaji mereka.

Rahmi : kamu itu di kasi tau yah.

Adegan Pendidikan dan ajaran agama

Inthi : Sudah-sudah, jangan bertengkar di tempat ramai begini. Ibu-ibu jangan seperti itu, ochenk ini tetangga kita. Kalau memang pekerjaannya membuat warga risih. Kita kan bisa bicarakan baik-baik.

Inchi : bukan gitu inthi. Kita cuman nanya baik-baik kok, memang anak ini saja yang tidak bisa di kasi tau.

Novi : iyah, sudah di tegur. Tapi masih berani mengelak.

Inthi : Sudah ibu-ibu. Nah, kamu ochenk. Kamu dengar pendapat warga kan, mereka risih dengan pekerjaanmu. Pergi malam dan pulang pagi itu gga baik untuk perempuan. Kalau memang pekerjaan kamu tidak seperti yang dipikirkan warga, bekerja seperti yang seharusnya.

Ochenk : kenapa pada ceramahin saya sih? Urus urusan kalian sendiri donk.

Inchi : kalau kamu seperti ini terus, warga bisa melapor pada lurah dan kamu akan di usir dari kampung ini.

Inthi : sudah- sudah begini saja. Ochenk kamu ini perempuan, jadi memang tidak di herankan jika pekerjaan kamu pergi malam pulang pagi membuat ibu-ibu ini berpikiran negatif.

Rahmi : bagaimana kalau ibu-ibu ini mendengar penjelasan Ochenk dulu.

Inthi : iyya…

Inci : Yah sudah diperjelas. Anak gadis kok perginya malam pulangnya pagi.

Inthi : sudah atuh ibu Inci. Ayo chenk jelasin

Ochenk : pekerjaan saya tidak seperti yang ibu2 pikirkan. Jabatan saya di kantor itu sekertaris yang kerjanya harus lembur, jadi malamnya saya menginap di rumah teman saya dekat kantor. Ibu kenal Rani kan? Nah saya tk terus pulang karena sudah terlalu larut malam.

Novhy : terus kok pulang pagi.

Rahmi : tenang novhy. Dengerin ochenk dulu donk.

Ochenk : saya pulang, yah untuk siap2 lagi ke kantor. di rumah Rani kan gk ad baju saya.

Inthi : nah denger sendiri kan. Ibu-ibu kita tidak boleh souzond. Apalagi sampai ke fitnah.

Rahmi : nah saya setuju sama inthi.

Inci, unmy dan novhypun minta maaf pada Ochenk 

 

 

Satu pemikiran pada “CONTOH NASKAH DRAMA PRAKTEK GOSIP, TEGURAN DAN AJARAN AGAMA (SOSIOLOGI)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s